Tuntaskan Jerawat dengan Aromatheraphy

6 Dec

Wajah berjerawat memang sering membuat kaum perempuan tidak percaya diri karena merusak penampilan saja. Mungkin anda sudah mencoba beberapa perawatan tetapi belum juga menampakkan hasil yang memuaskan. Tapi tidak ada salahnya anda mencoba aromatherapy yang dulu terkenal sebagai relaksasi dan ternyata sangat ampuh untuk menuntaskan jerawat. Khasiat-khasiat minyak esensial yang bermolekul kecil dan daya serapnya yang sangat baik, selain dapat membangun kekebalan tubuh, juga menyeimbangkan kadar minyak. Ada baiknya anda simak beberapa langkah penanganan jerawat.

Sebelum anda melakukan terapi ini sebaiknya anda konsultasikan kepada dokter yang akan memeriksa jenis, kondisi dan kelainan kulit yang ada dalam diri anda.

Kedua adalah membersihkan wajah dengan menggunakan pembersih yang mengandung minyak esensial yang sudah diformulasi berdasarkan jenis kulit, kondisi, kelainan kulit dalam hal ini jerawat, serta berdasarkan karakter, sifat dan kepribadian anda. Hal ini biasanya dilakukan secara manual dan dilanjutkan dengan brush cleanser yang berfungsi membersihkan kulit dari kotoran maupun sumbatan pori-pori yang berasal dari kosmetika yang digunakan maupun dari lingkungan.

Yang ketiga adalah enzyme peeling. Enzim yang digunakan adalah yang diformulasi dari buah pepaya (papain enzyme). Suatu enzim protelitik bisa menghancurkan protein dan meluruhkan sel-sel kulit yang mati. Enzim tersebut dioleskan pada permukaan kulit lalu wajah diuapi agar enzim tersebut aktif tapi papain hanya bisa bekerja apabila kondisinya sama dengan suhu tubuh.

Langkah keempat adalah mengoleskan larutan desinkrutasi pada wajah. Alat yang digunakan adalah mesin galvanik berupa elektroda yang bekerja secar berpasangan (posistif dan negatif). Alat ini berguna untuk membersihkan pori lebih dalam (deep cleansing). Tujuh menit yang pertama yang bekerja adalah kutub negatif. Pada permukaan kulit dan pori-pori kulit akan terjadi cairan yang hampir sama dengan sabun yang bersifat basa. Sabun ini akan mengubah keasaman kulit sedikit dan melarutkan minyak, membuka pori-pori sedikit dan melunakkan sumbatan. Gliserin yang terkandung didalamnya akan melunakkan dan melembutkan kulit.

Dilanjutkan dengan pembersih komedo yang dilakukan dengan comedo axtractor. Setelah itu larutkan desinkrutasi dioleskan lagi. Kali ini kutub yang digunakan adalah kutub posistif yang akan memproduksi asam dikulit dan berfungsi mengembalikan fungsi kulit ke posisi semula, mengembalikan tekstur kulit, mengecilkan pori-pori, mengurangi kemerahan serta menetralisasi basa menjadi asam kembali, sesuai dengan keasaman kulit.

Kelima adalah penggunaan alat high frequency pada seluruh wajah yang telah diolesi dengan jeli aloe vera dicampur dengan minyak esensial. Yang biasanya dipusatkan pada bagian kulit yang berjerawat, selama 10-25 menit. Alat ini menggunakan alat sinar argon atau ultraviolet, yang menghasilkan ozon dan berefek anti bakteri, antiperadangan, meningkatkan sirkulasi darah, mempercepat penyembuhan, mengatur produksi minyak dan mengecilkan pori.

Tahap yang keenam adalah lymph dranaige massage atau pijatan yang berfungsi untuk melancarkan sirkulasi getah bening. Pijatan ini juga mampu menghilangkan bahan-bahan bersifat racun dan menetralkan kuman penyakit. Pada kondisi jerawat meradang, hanya dilakukan lymph dranaige massage tetapi pada jerawat yang tidak meradang, setelah dilakukan pijat lymph dranaige massage maka akan dilanjutkan dengan swedish massage.

Ketujuh adalah mengoleskan masker. Biasanya masker yang digunakan merupakan campuran kaolin atau mineral yang berfungsi mengangkat sisa-sisa kotoran yang berada di pori-pori, ekstrak tumbuhan dan minyak esensial. Setelah 15 menit dioleskan masker, biasanya anda bisa memilih dipijat pada bagian lengan, bahu atau tungkai kaki hingga ke paha. Setelah masker mengering, biasanya wajah dibersihkan lalu diolesi pelembab atau minyak wajah (face oil) yang sesuai dengan kondisi anda. Bekas-bekas jerawatpun juga diolesi antibiotik alami dalam bentuk minyak esensial.

Biasanya terapi ini akan dilakukan 4 kali sebulan tetapi jika kondisi wajah sudah membaik maka anda bisa lakukan 2 kali sebulan. Setelah benar-benar pulih, anda tetap harus memeriksakannya satu kali sebulan. Apabila anda ingin menghilangkan bekas jerawat maka anda bisa dilakukan terapi tambahan yang menggunakan alat microdermabration untuk menghaluskan kulit, menghilangkan noda hitam bekas jerawat dan menghilangkan jaringan parut. Hal ini dilakukan dengan cara mengelupaskan lapisan sel-sel kulit mati, merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan jaringan kolagen sehingga menutupi lubang bekas jerawat.

Melakukan perawatan dengan microdermabration akan terasa nyaman, tidak menimbulkan rasa sakit atau kemerahan pada kulit dan anda cukup melindungi kulit wajah anda dengan sunblock tanpa harus menghindari sinar matahari. Tertarik untuk mencoba melakukan perawatan wajah dengan aromatherapy? Sebaiknya anda perhatikan hal diatas sebelum melakukannya. Semoga hal ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: